Recent Posts

Karburator Motor dan Jenis - Jenisnya

Tuesday, December 12, 2017
Karburator Motor dan Jenis - Jenisnya - Berbicara soal motor tentu tidak lepas dari yang namanya karburator atau lebih dikenal dengan karbu motor. Awalnya karburator motor ini pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan secara resmi pada tahun 1886 yaitu 1 tahun setelah penemuan karbu motor ini pertama kali.

Karburator Motor dan Jenis - Jenisnya
Karburator Motor

Ditahun yang sama, seorang insinyur kebangsaan Hungaria yaitu Janos Csonka dan Donat Banki  juga membuat alat yang serupa dengan karburator. Karburator ini perama kali digunakan dalam kendaraan yaitu oleh Federick William Lanchester dari Birmingham, inggris yang ia eksperimenkan pada mobil pada tahun 1896, dan pada tahun ini pula Federic membuat mobil pertamanya yang menggunakan bahan bakar bensin bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW).


Kurang puas dengan hasilnya yang bertenaga kecil, Federick yang dibantu saudaranya kembali mendesain ulang karburator mereka dan kali ini mobil mereka mampu memiliki tenaga lebih besar dan mampu menyelesaikan tur sepanjang 1000 mil atau 1600 km pada tahun 1900.


Akhirnya karburator umum digunakan di mobil berbahan bakar bensin sampai akhir tahun 1980-an. Karena pada tahun tersebut penggunaan karburator di mobil mulai berkurang seiring ditemukannya teknologi sistem injeksi yang mampu membuat bahan bakar lebih efisien atau irit.


Lalu, apa itu Karburator? Kaburator atau karbu merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena banyak motor yang menggunakan karburator.

Fungsi Karburator : Karburator dalam sebuah sepeda motor memiliki fungsi yaitu untuk mencampur bahan bakar dan udara.


Jenis Jenis Karburator : Karburator motor memiliki 2 jenis yaitu Ventury Tetap dan Ventury Berubah.


Ventury Tetap : Ventury tetap merupakan jenis karburator yang diameter venturinya tidak dapat diubah. Pedal gas mengatur katup aliran udara lewat ventury yang menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.


Ventury Berubah : Berbeda dengan ventury tetap, ventury berubah merupakan jenis karbu yang dapat diatur besarnya venturi dengan menggunakan piston & needle jet yang dapat naik turun sehingga memebntuk celah ventury yang dapat berubah ubah yang diatur oleh Pedal Gas.


Nah itulah informasi kali ini tentang Karburator Motor dan Jenis - Jenisnya semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment